Rabu, Juli 17, 2013

Singkong masak manis (Ande-ande Lumut)

Aku ga tau sebenarnya ini nama nya apa, waktu kecil biasanya bapak itu bikin seperti ini kalau dirumah (nostalgila)...haha.. Aku biasa nyebutnya Ande2 Lumut karena emang yang nglumut sekali hasilnya dan agak2 lembek manis gurih begitu teksturnya...dari dulu suka sekali dengan panganan ini kalau ada stok singkong dirumah, daripada singkong nya digoreng atau dikukus biasa (ya iya tho...enak dibuat nglumut kok)... Haduuu...--"

Makanya kemarin ada stok singkong yang buanyaak (padahal beli nya murah tapi dapat banyak... baru panen lagi) hihi...ak putusin buat bikin ande2 lumut... secara juga udah lama ga bikin...pengen crita nya..
Ini resep sendiri ya...ak dapat dari bapak sendiri..hihi



Ande-ande Lumut
By Dapur Lincak

Bahan :
500 gr singkong, kupas dan potong2
50 gr gula pasir
200 ml santan kental (aku pakai 150 ml santan instan + 50 ml air)
1 lembar daun pandan
1 sdt vanili
1 sdt garam

Cara membuat :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan singkong dan daun pandan, rebus hingga pecah dan setengah matang (air rebusan tinggal sedikit).
2. Setelah itu masukkan santan kental, gula pasir, garam dan vanili, aduk-aduk hingga rata dan jangan sampai santan pecah.
3. Tunggu hingga santan mengental dan singkong empuk semua. Angkat dan sajikan.

Enak sekali makan saat panas2...buat teman minum teh pun enak.
Si kecil pun suka sekali aku suap dengan ini..inginnya makan ini terus kalau yang aku ambilkan habis..hihi..



Lihat tekstur singkongnya ga keliatan karena saking nglumutnya...hehe..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar