Minggu, Juli 21, 2013

Pie Susu (Egg Tart)

Egg tart pertamaku... akhirnya kesampaian juga untuk bikin eeg tart/pie susu atau kalau disini sebutannya kue lontar... pie susu ini sudah sejak lama ingin aku buat, tapi belum adawaktu yang pas untuk membuatnya (biasa ibu RT...hihi). Trus kemarin pas menjelang hari pertama puasa ada kesempatan untuk bereksperimen.. postingnya telat banget.haha..


Aku contek resep nya bunda ricke ordinary kitchen (makasih bun..^_^).. kalau menurut aku untuk hasil penampilannya aku sendiri belum puas..masih belum rapi hasilnya..apalagi saat buat kulit pie nya...aduhh ga rapi sama sekali..haha..
Untuk rasa pie nya sendiri sudah enak, ga enek saat dimakan, dan kulitnya pun renyah...
Aku tulis ulang lagi resepnya ya... ^^


Pie Susu
By bunda Ricke

Bahan kulit :
300 gr margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung) --- aku pakai gula pasir yang diblender sebentar
3 butir kuning telur
50 gr tepung terigu protein sedang

Cara membuat :
Campur semua bahanja menjadi satu dengan pisau pastry atau sendok kayu hingga 7adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan adonan hingga mudah dipulung. Cetak dengan cetakan pie yang sudah diolesi sedikit dengan margarin/ minyak loyang. Sisihkan.


Bahan filling :
300 ml susu kental manis
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas (aku cuma pakai 6 kuning telur)
30 gr tepung custard (aku skip)
1-2 vanila susu

Cara membuat :
1. Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanila susu, aduk rata. Saring.
2. Tuang adonan filling ke adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven dengan suhu 160'C selama 45 menit sampai filling set dan menguning.
3. Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan selama 10 menit hingga hangat, kemudian lepas dari cetakan. Simpan di lemari es/ kulkas agar lebih nikmat disajikan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar