Minggu, Juli 21, 2013

Pempek Dos : Pempek Tanpa Ikan

Pengen nyobain pempek dos ini sudah lama sekali...tapi baru bisa terealisasi sekarang ini..hihi.. Penasaran sekali dengan rasa nya... Alhamdulilah saat mencicipi pempek ini rasa nya enak, gurih dan empuk kenyal..
Berhubung juga disini kalau cari pempek rada susah-susah gampang... Jadi ini bisa jadi alternatif kalau sewaktu-waktu pengen makan pempek...hehe
Resep ini diadaptasi dari buku 500 Resep Kue dan Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Pempek Dos ini aku dapat di blog Just Try and Taste .... makasih mbak atas resepnya..



Pempek Dos: Pempek tanpa Ikan

Bahan :
250 ml air
2 sdt garam
1 1/2 sdt kaldu bubuk
125 gr tepung terigu serba guna (aku pakai Segitiga Biru)
2 butir telur
200 gr tepung tapioka/ tepung sagu/ tepung kanji/ tepung kentang (aku pakai tepung tapioka)

Isi :
4 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
1. Siapkan panci kecil, masukkan air, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga air mendidih, aduk hingga bahan larut. Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit menggunakan tangan kiri sementara tangan kanan mengaduk cepat dengan menggunakan spatula atau pengaduk. Jangan menggunakan spatula balon, karena adonan akan menggumpal didalam kawat balon.
2. Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga dingin.
3. Tuang adonan tepung yang telah dingin ke dalam mangkuk mikser, tambahkan 1 butir telur kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. Tambahkan lagi 1 butir telur dan teruskan mengocok hingga terbentuk adonan yang halus, bebas gumpalan.
4. Tuang adonan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka/ kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket ditangan.
5. Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong,bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan.
6. Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi dengan kocokan telur.
7. Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur akan mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.
8. Tekan-tekan kantung agar menipis dan mau memanjang. Jika kantung telah jadi dan cukup dalam menampung kocokan telur, tuangkan kira-kira 4 sendok makan kocokan telur, hati-hati jangan sampai menetesi permukaan kantung adonan. Tutup kantung dan jepit dengan jari anda hingga menempel dengan baik, tekuk ujung-ujungnya agar tidak terbuka saat direbus.
9. Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Pempek yang telah mengapung bukan berarti telur telah matang, lanjutkan terus merebus hingga pempek dan telur matang. Kira-kira membutuhkan waktu 20 menit untuk membuatnya matang atau tekan dengan jari anda, jika kantung telah keras berarti telur telah matang.
10. Goreng pempek dalam minyak panas hingga permukaannya kecoklatan, angkat dan tiriskan.



Saus Cuko :
200 gr gula merah
100 gr gula pasir
500 ml air
3 sdm cuka atau 100 ml air asam jawa

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 cabai rawit merah
3 cabai merah keriting
1 1/2 sdm ebi kering
1/2 sdm garam

Cara membuat :
Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus, dan garam. Masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan cuka/ air asam jawa. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan cuka/ air asam jawa dan gula jika rasanya kurang pas. Saring saus dan buang ampasnya.

Penyajian :
Potong-potong pempek yang telah digoeng, tata di mangkuk atau piring dan siram dengan saus cuko. Bisa juga dilengkapi dengan rajangan ketimun dan sooun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar