Jumat, September 20, 2013

Pizza Homemade



Pizza oh pizza... Akhirnya bisa menikmati pizza lagi setelah sekian lama mengidam-idamkannya...halah lebay.. hihi..
Tapi benar-benar penuh perjuangan lho untuk buat bikin pizza ini, walaupun ini bukan pertama kalinya bikin pizza sendiri... Perjuangannya adalah berjuang menunggu keju Mozarella yang tidak kunjung datang.. hihi.. Berbulan-bulan sudah aku mengobrak-abrik semua supermaket yang ada di Sorong, tapi si Mozarella tidak ada stok nya dimanapun itu... hiks.. Sampai-sampai suamiku bilang pakai keju cheddar aja tho... Ya gak greget tho pizza nya kalo cuman pakai cheddar..hihi... Yang aku paling senengi dari pizza itu ada sensasi melelehnya dari si Mozarella kok...
Kalaupun mau ganti yang keju cheddar melted pun disini gak pernah aku jumpai.. Jadi kudu sabar untuk menunggu kedatangan si Mozarella.. haha..
 

Akhirnya kemarin saat belanja bulanan di supermaket, aku temukan Mozarella sudah menanti untuk di beli.. hihi.. Gak tanggung-tanggung aku beli banyak sekalian (suami saja sampai geleng-geleng kepala).. Hahaha..
Ok..kembali ke Pizza.. Resep pizza yang aku pakai kali ini beda dengan yang biasa aku bikin sebelumnya... ceritanya pengen bikin dough nya yang lain..yang tanpa telur.. ternyata gak kalah enaknya dengan yang pakai telur yang sebelumnya aku coba (sayang gak aku upload pizzanya)..
Resepnya aku dapat dari teman grup di FB yang lupa sapa nama nya ya... maaf mbak..

 Eh.. ada tangan siapa itu yang gak sabar buat makan pizzanya.. Hahaha

Bahan dough:
500 gr tepung terigu protein sedang (aku campur 300 gr tepung protein sedang + 200 gr tepung protein tinggi)
10 gr ragi instan (aku pakai 1 bungkus ragi instan)
1/2 sdt garam

1 sdm gula pasir
250-300 ml air hangat (tergantung tepungnya)
2 sdm margarin cair

Saus:
5 buah tomat ukuran sedang, rebus dan blender
1 buah bawang bombay
2 siung bawang putih, cincang kasar
Garam, merica, gula, basil
2 sdm pasta tomat/saos tomat


Untuk topping nya aku pakai sosis, bawang bombay, tomat, jamur, keju cheddar parut, dan keju mozarella

Cara membuat:
1. Saus : Tumis bawang bombay dan bawang putih cincang hingga tercium bau harum. Masukkan tomat yang diblender dan pasta tomat, beri garam, merica, gula dan basil. Aduk rata. Diamkan hingga saus meletup-letup dan kental. Angkat. Sisihkan.
2. Dough : Campur tepung terigu, gula dan ragi. Aduk rata. Masukkan sedikit-sedikit air sambil diuleni. Kemudian masukkan garam dan margarin cair, uleni hingga kalis. Bila adonan masih kering tambahkan air, bila adonan basah tambahkan sedikit tepung (aku pakai 300 ml air). Kemudian diamkan adonan selama 20 menit sampai mengembang 2x dari semula.
3. Setelah didiamkan selama 20 menit, kempiskan adonan dan uleni sebentar. Kemudian gilas adonan dengan ketebalan sesuai selera, kemudian pindahkan adonan yang sudah digilas ke loyang pizza (kalau tidak punya, bisa pakai loyang bundar yang dibalik -- aku pakai loyang bundar bongpas).
4. Setelah dipindahkan, tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu agar tidak mengembang.
5. Kemudian beri saus dipermukaan adonan, taburi parutan keju cheddar, potongan tomat, sosis, bawang bombay, dan jamur. Panggang adonan dengan suhu 200'C selama 15 menit. 
6. Keluarkan adonan dan beri keju mozarella diatasnya. Panggang lagi selama 5 menit dengan suhu 150' C.

 Mam..mau dong pizza nya.. hihi

Adonan dough ini bisa disimpan di freezer, bila ingin membuat pizza nya nanti-nanti.. Caranya lumuri adonan dough yang sudah dibagi sesuai dengan kebutuhan. Masukkan ke dalam plastik dan wadah tertutup, simpan di freezer. Bila ingin menggunakan dough nya, pindahkan adonan ke chiller hingga adonan lunak, kemudian keluarkan adonan sampai mencapai suhu ruangan. Uleni sebentar dan adonan dough siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar