Selasa, September 03, 2013

Hong Kong Egg Tart



Ini kedua kalinya aku bikin egg tart, yang pertama pernah bikin versi mininya yaitu pie susu. Karena masih penasaran dengan kelembutan egg tart nya maka kali ini aku mencoba untuk bikin versi loyang pie bongpas 20 cm (sekalian cobain loyang baru)... hihihi..
Resepnya aku lihat dari postingan Sashy Little Kitchen, yang mana penampakan egg tart nya cantiiiiikk sekali... makin ngeces dan penasaran untuk bikin egg tart lagi.. 
Memang kali ini untuk custard nya sudah pas lembutnya menurut aku..tapi kok untuk crust nya terlalu tebal..belum bisa bikin crust yang tipis..hiks...dan secara keseluruhan penampilannya masih belum cantiiik...hiks..
Tapi untuk kali ini bisa mengobati rasa penasaran, dan lain kali bisa dicoba lagi...semangat trussss... ^^




Hong Kong Egg Tart
Resep diadaptasi dari blog Kitchen Tigress - Hongkong Egg Tarts
dan blog Yochana's Cake Delight - Egg Tarts.

Bahan Custard :
3 butir telur
160 gr gula bubuk
280 gr susu cair (ditimbang)
1 sdt ekstrak vanila
1 sdt ekstrak rum (aku ga pakai)
1 sdm custard powder (di resep asli tidak pakai)

Bahan crust :
125 gr mentega/margarin
60 gr gula bubuk
1 butir kuning telur
1/2 butir putih telur
1 sdt vanila essence
210 gr tepung terigu serba guna

Cara membuat crust :
1. Campur seluruh adonan crust dengan pastry blender atau garpu, campur hingga rata dan membentuk bulir-bulir. Jangan diuleni agar adonan tidak keras.
2. Bulatkan adonan, siapkan alas untuk menggiling adonan, taburi dengan sedikit tepung agar tidak lengket. Giling adonan hingga cukup untuk menutupi loyang ukuran 20 cm.
3. Pindahkan adonan ke atas loyang, rapikan adonan, tekan-tekan sedikit bagian pinggirnya, rapikan bagian atas yang berlebihan.
4. Tutup bagian atas adonan dengan alumunium foil atau kertas roti kemudian beri pemberat diatasnya.
5. Oven dengan suhu 150' C di rak paling bawah kurang lebih selama 15 menit, kemudian lepaskan bagian penutup loyang dan pindahkan ke rak tengah, gunakan suhu 180' C selama 10 menit. Setelah kecoklatan angkat dan dinginkan.


Cara membuat custard :
1. Aduk telur dan gula bubuk, aduk searah jarum jam saja, jangan dikocok agar tidak menimbulkan banyak buih.
2. Tambahkan susu, vanila essence dan custard powder, aduk hingga tercampur rata. Saring campuran custard agar tidak ada bagian yang menggumpal.
3. Tuang custard ke atas crust yang s udah dingin, panggang dengan suhu 165' C selama 15 menit. Kemudian turunkan suhu menjadi 150' C, panggang sampai custard mengeras namun bagian atasnya masih sedikit berguncang ketika loyang digerakkan.
4. Simpan dalam lemari pendingin dan sajikan dingin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar