Kamis, September 19, 2013

IDFB Challenge #12 : Es Froyon (Frozen Yogurt) Tape Bakar

Alhamdulillah..akhirnya bisa setor lagi untuk kedua kalinya dalam IDFB challenge #12. Challenge kali ini bertepatan dengan Ulang Tahun IDFB yang ke 2... Selamat Ulang Tahun ya IDFB.. T
Tantangan kali ini adalah memadukan antara singkong dan yogurt, perpaduan tradisional dan modern..^_^


Waktu pertama kali pengumuman challenge bingung mau buat apa ya..singkong dan yogurt enaknya dibuat apa..mikir-mikir terus gak dapat-dapat inspirasi..akhirnya googling di internet dan ketemu sih dengan beberapa menu...tapi kok masih kurang sreg..pengen cari sesuatu yang ringan untuk camilan gitu...hehe.. Akhirnya setelah googling kesana sini ketemu dengan postingan diblog Cooking With Love..wah langsung deh dapat inspirasi..makasih mbak resepnya.. ^^


Tapi bingung lagi untuk gantikan es puternya dengan apa..akhirnya googling lagi..yogurtnya dibuat es krim aja lah..ternyata dicoba enak juga..haha..Tapi untuk pemakaian strawberry nya aku skip, karena disini susah cari strawberry..kalaupun ada pasti udah gak segar kondisinya..
Dan bingung lagi ada gak ya yang jual tape singkong di pasar.. ternyata pas ditengok di pasar gak ada tape singkong, kata penjualnya 3 hari lagi baru ada.. akhirnya sambil menunggu tape singkong, aku buat Frozen Yogurt nya dulu sebelum dieksekusi... Hahaha..
Ini resep Frozen Yogurt yang aku dapat di blognya mbak Luh Ayu..


Frozen Yogurt

Bahan :
500 ml Whipcream cair dingin
500 ml plain Yogurt (aku ganti 200 ml Heavenly Blush Yogurt rasa Strawberry)
6 sdm Whipcream bubuk
Gula bubuk (aku skip, karena sudah manis)

Cara Membuat:
1. Campur whipcream cair dan bubuk dalam wadah yang besar, kocok dengan kecepatan rendah untuk meratakan. Lalu tambah kecepatan mixer. Kocok sampai mengembang.
2. Setelah mengembang, masukkan yogurt dan gula bubuk. Kocok terus namun jangan over, nanti malah cair.
3. Setelah tampak rata dan halus, tutup dengan clingwrap dan bekukan kurang lebih 4 jam.
4. Setelah beku, diamkan sebentar, lalu kocok lagi dengan mixer hingga merata. Masukkan freezer lagi kurang lebih 4 jam.
5. Setelah 4 jam, keluarkan lagi dari freezer dan kerok sedikit demi sedikit. Pindahkan ke wadah yang tertutup. Siap disajikan.


Dan ini resep Es Froyon Tape Singkong yang sudah aku modifikasi.

Bahan:
200 gr tape singkong
1 sdm margarin
4 scoop  Frozen Yogurt Homemade
12 lbr spring roll
1 sdm margarin leleh
Almond flake panggang secukupnya

Cara membuat:
1. Ambil satu lembar spring roll, olesi dengn margarin lelh lalu letakkan satu spring roll yang lain diatasnya, ulangi kembali hingga didapat 3 tumpuk spring roll. Lakukan kembali hingga spring roll habis.
2. Letakkan tiap tumpukan spring roll pada cetakan muffin, tata dan bentuk hingga menyerupai mangkuk. Oven pada suhu 160' C selama 10 menit, sisihkan.
3. Panaskan margarin lalu bakar tape singkong hingga kecoklatan, sisihkan.
4. Ambil satu mangkuk spring roll, letakkan 1 scoop es puter, tambahkan tape bakar dan saus strawberry, taburi almond diatasnya. Hias dengan daun mint, sajikan

Biar lebih cantik.. Hihihi.. aku cetak es froyon nya gak pakai scoop tapi aku bikin swirl.. tapi masih kurang rapi bentuknya.. hehe..



4 komentar:

  1. Sedaapppp...makasi utk partisipasinya Mba..keren!

    Regards,
    Indonesian Foodblogger group

    BalasHapus
  2. Aaahhh....mau nyontek bikin froyonyaaa..... :)
    Thanks udah ikutan challenge ini ya. Good luck !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mba Tika... semoga berkenan... :)

      Hapus
    2. Silahkan mba Tika... semoga berkenan... :)

      Hapus