Sabtu, Oktober 05, 2013

Sus Vla Vanila

Lama gak posting-posting nih.. rasa malas untuk upload postingan menghinggapi nih..sampai-sampai banyak yang belum sempet untuk di upload di blog.. hadeeeh... Kadang untuk nyentuh laptop aja berat sekali...dikalahin rasa malas..hehe... apalagi beberapa hari ini, si kecil gak tahu kenapa ngajak begadang jadi kalau ada waktu mending buat istirahat...ini baru aja ngumpulin secuil demi secuil semangat buat nulis lagi...aduuuh lebay...haha..


Ini kue sus udah lamaaa sekali aku bikinnya..karena males maka baru sekarang aku posting.. Sus isi vla merupakan salah satu kesukaan suami, kalau beli gitu pasti yang dicari kue sus dan sekali makan bisa habis berbiji-biji kue sus...haha.. Maka dari itu aku berusaha buat sendiri...dan ternyata pas pertama kali buat sus isi vla itu, aku kena kutukannya..hiks.. sus nya yang gak mau ngembang, trus susnya yang setelah keluar oven langsung kempis...hihi...
Aku coba-coba terus dengan resep yang berbeda dan akhirnya alhamdulillah setelah tiga kali mencoba aku nemuin resep yang pas dan berhasil..horeeee hilang deh kutukan kue sus nya...haha..
Gak tanggung-tanggung setelah berhasil bikin sus dan dipuji sama suami, jadi deh keranjingan bikin sus terus..hihi..apalagi kalau bikin langsung ludes habis...haha..
Kunci suksesnya kue sus itu adalah menggunakan suhu yang tinggi saat memangggang, dan saat masukin telurnya kondisi adonan harus benar-benar dingin..


Sus isi Vla
By  Dapur Manis

Bahan:
75 gr mentega/margarin
225 ml air
1/2 sdt garam
100 gr tepung terigu protein sedang
2 butir telur

Bahan Vla:
25 gr maizena
225 ml susu cair
1 butir kuning telur
1/4 sdt garam
50 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdm mentega

Cara membuat:
1. Rebus mentega, air, dan garam hingga mendidih. Kecilkan api, masukkan tepung sekaligus sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata dan kalis. Matikan api dan dinginkan.
2. Panaskan oven dengan  suhu 200' C. Siapkan loyang (aku pakai loyang pie mini) dan olesi dengan mentega.
3. Masukkan telur satu persatu kedalam adonan, kocok hingga rata (aku pakai sendok kayu)
4. Siapkan piping bag dan masukkan adonan ke dalamnya. Beri spuit bentuk kerang.
5. Semprotkan adonan kedalam loyang dan beri jarak agar kue dapat mengembang. Panggang dalam oven selama 25-30 menit. (Karena aku pakai loyang pie, jadi tidak perlu diberi jarak dalam pemanggangannya, dan aku panggang selama 40 menit sampai tidak ada buih diatas kue dan warna agak kecoklatan). Keluarkan dari oven dan dinginkan.
6. Vla: Campur maizena dan sedikit susu, aduk sampai rata. Masukkan kuning telur, aduk sampai rata dan sisihkan.
7. Rebus sisa susu, gula pasir, garam dan vanili sampai mendidih. Masukkan adonan maizena, aduk hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api dan masukkan mentega segera selagi panas, aduk hingga rata. Dinginkan.
8. Belah kue sus, dan isikan vla. Sajikan.


Masih harus belajar cara menggunakan spuit nih.. waktu menyemprotkan adonan sus ke loyang masih kaku sekali...malah ada yang gak keliatan bentuk spuitnya...haha..
Tetap semangat mencoba kue sus lagi... ^^3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar