Rabu, September 18, 2013

Siomay Ayam Udang


Pengen banget makan siomay.. tapi kalau beli di abang siomay cuma dapetnya dikit.. kurang puas dong.. haha.. Jadi deh bikin siomay sendiri, apalagi ini bukan pertama kalinya bikin siomay sendiri.. Aku lebih suka siomay ayam udang daripada siomay ikan.. lebih pas dilidahku.. haha..
Karena gak punya stok kulit pangsit maka siomay nya aku bikin bakso aja dan sebagian isinya aku masukkan ke tahu goreng.. tapi untuk temannya yang lain lengkap..hehe




Siomay Ayam Udang
By Sajian Sedap

Bahan:
20 buah kulit siomay siap pakai (aku skip)
Wortel parut untuk hiasan atas siomay (aku skip)
Telur rebus
Kol rebus
Kentang kukus
Tahu bakso (tambahan dari aku)

Bahan isi:
150 gr ayam, dicincang halus
50 gr udang, dicincang halus
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdm tepung sagu
2 putih telur (aku pakai 2 telur utuh)
1 batang daun bawang, diiris halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt minyak wijen (aku skip)
1 sdm kecap ikan (aku skip)

Cara membuat:
1. Aduk rata ayam, udang, bawang putih, putih telur daun bawang, garam, marica bubuk, minyak wijen, dan kecap asin. Banting-banting. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata.
2. Ambil selembar kulit siomay. Beri isi. Lipat-lipat sisinya. Oles dengan air. Tabur dengan wortel.
3. Kukus 25 menit sampai matang.

Bahan Sambal Kacang:
250 gr kacang tanah kulit, goreng
5 siung bawang putih, goreng
7 buah cabai merah keriting, goreng
100 gr gula merah, sisir
2 sdt garam
600 ml air hangat
1/2 sdm air asam jawa

Cara membuat:
1. Haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah, gula merah, dan garam.
2. Masukkan air. Masak sampai kental. Tambahkan air asam jawa. Aduk rata.



Sajikan dengan memotong-motong siomay, kol rebus, telur, dan kentang. tata dalam piring saji dan siram sambal kacang diatasnya. Siomay siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar