Selasa, September 10, 2013

Bubur Manado


Pertama kali kenal dan tahu bubur ini sejak aku tinggal di Sorong.. sebelumnya tidak pernah dengar apalagi makan bubur ini. Karena disini banyak orang Manadonya, jadi banyak ditemukan bubur ini.
Sering sekali beli bubur ini di warung-warung karena suami penggemar berat bubur Manado.. pernah request untuk buatkan bubur Manado, tapi belum aku kabulkan.. soalnya yang masak ga doyan ma bubur ini.. hehe..
Padahal kalau dilihat dari bahan-bahannya, bubur ini menyehatkan lho...tapi ga tahu kenapa aku ga doyan dengan bubur ini.. maaf ya bagi penggemar bubur Manado..
Request nya sudah lamaaaa sekaliii tapi baru tadi pagi dikabulkan.. dengan semangat, niat dan tekat yang kuat.. halah... maka pagi-pagi buta sudah glondangan di dapur..hehe
Karena ini pertama kali nya bikin bubur Manado, maka sebelumnya sudah googling di mbah google untuk tahu apa saja bumbu dan bahan-bahannya.. akhirnya ketemu postingannya mbak Tati Widarti yang menurut aku mirip dengan bubur Manado yang selama ini beli di warung.. Ijin contek ya mbaa.. Makasih ^^


Bubur Manado

Bahan :
250 gr beras, cuci bersih, tiriskan
1,5 liter air
1 cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 sdt garam
250 gr jagung manis, pipil
50 gr daun bayam, siangi
50 gr daun kangkung, siangi
75 gr kacang panjang, potong 4 cm (aku tidak pakai)
200 gr ubi merah/labu kuning, kupas potong 1x2x2 cm
100 gr singkong, kupas potong (tambahan dari aku)
300 lembar daun kemangi
50 gr ikan asin, goreng

Sambal tomat :
6 buah cabe rawit
3 buah cabe merah
4 butir bawang merah
2 buah tomat, iris persegi
1 sdt garam

Cara membuat :
1. Didihkan air dalam panci, masukkan beras, serai dan jahe. Masak hingga mendidih. Dan setengah jadi bubur masukkan garam dan jagung, aduk rata.
2. Masak terus hingga matang, baru masukkan ubi/labu kuning dan singkong. Tambahkan jagung manis. Masak hingga ubi dan singkong lunak, masukkan bayam, kangkung dan daun kemangi, aduk rata.
3.  Masak kembali beberapa menit hingga sayuran matang tapi tidak lembek, angkat.
4. Hidangkan dengan pelengkap sambal tomat dan ikan asin goreng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar