Senin, September 09, 2013

Roti Goreng Ragout

Ini request suami pas weekend kemarin. Tiba-tiba bilang pengen makan roti goreng..hehe.. Udah lama juga ga bikin roti goreng..


Secara juragan dah dawuh (perintah-red) untuk bikin roti goreng.. langsung deh aku cap cus ke dapur, ubek-ubek kulkas ada bahan apa aja disana.. ternyata alhamdulilah masih punya stok daging ayam cincang yang memang sengaja aku stok untuk si kecil.. hihi..
Untuk resepnya ini adalah resep yang aku dapat dari asisten rumah tangga mama ku yang di solo waktu jaman masih gadis...walah..hahaha.. Kalau bikin roti goreng selalu pakai resep ini yang diajarkan padaku dulu.. Makasih ya Make (panggilan sayang..hihi).. Kalau untuk isinya resep sendiri..hasil feeling memasak..hehe..
Hasil rotinya empuk sekali dan tidak kempis setelah digoreng.. walau sampai sore pun roti goreng ini tetap empuk.. makanya Alhamdulilah langsung ludes dimakan suami setelah rotinya matang..padahal aku sendiri cuma makan 1 saja udah kenyang..habisnya rotinya ukuran jumbo sih..haha..
Suami sukanya makan roti goreng ini dengan cocolan saos sambal atau cabe rawit.. dasarnya memang suka yang pedes-pedes.. hihi..


Roti Goreng Ragout

Bahan Ragout :
2 buah wortel ukuran sedang, potong kotak-kotak
100 gr buncis, iris tipis
150 gr ayam cincang
1 batang daun bawang
1 batang seledri
3 siung bawang putih, cincang
1/2 bawang bombay, cincang (kali ini ga pakai, ga da stok)
Merica bubuk secukupnya
Pala bubuk secukupnya
Garam secukupnya
1 sdm maizena, larutkan dengan air
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam cincang, aduk rata hingga berubah warnanya.
2. Masukkan wortel dan buncis, aduk-aduk hingga layu. Masukkan garam, merica, dan pala, aduk rata. Kemudian beri sedikit air, diamkan beberapa menit sampai air menyusut.
3. Masukkan daun bawang dan seledri, aduk rata. Cicipi dulu bila kurang bumbunya dapat ditambah.
4. Yang terakhir masukkan larutan maizena, aduk-aduk dan biarkan meletup-meletup. Angkat dan dinginkan.


Bahan Roti :
200 gr tepung protein tinggi
1 1/4 sdm ragi instan
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 butir telur
1 sdm margarin
air hangat secukupnya

Bahan balutan :
1 butir telur, kocok lepas
tepung panir

Cara membuat :
1. Campurkan tepung dan ragi hingga tercampur rata. Tuang air hangat sedikit-sedikit, hingga adonan bergerindil. Kemudian masukkan telur, uleni hingga rata.
2. Masukkan garam dan gula pasir, uleni terus hingga kalis. Bila belum kalis bisa tambahkan sedikit tepung. Masukkan margarin, uleni sampai benar-benar kalis.
3. Simpan dalam wadah yang ditutupi serbet bersih yang lembab. Biarkan adonan mengembang 2x dari semula selama 30 menit.
4. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan uleni lagi sebentar. Setelah itu bagi adonan menjadi bulatan kecil-kecil (ukuran tergantung selera ya). Diamkan lagi selama 10 menit.
5. Lalu pipihkan adonan dengan telapak tangan, beri isi dan bulatkan kembali. Setelah semua adonan diberi isi, balurkan adonan ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir.
6. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng adonan roti hingga kecoklatan.

Selamat mencoba ... ^^







1 komentar:

  1. Terimakasih atas resep rotinya mbak... saya sudah mencobanya. Untuk keperluan posting di blog, saya mengcopy resep rotinya ya mbak. Mohon izinnya. Terimakasih^^

    BalasHapus