Minggu, Agustus 11, 2013

Cheddar Cheese Cake (CCC)



Awalnya pengen buat Japanese cheese cake sih, tapi kok pas liat di supermarket ada stok cheese cream (biasanya susah carinya).. harganya mahaaal..diurungkan niatnya untuk beli (program hemat bu..) hehe...
Saking penasaran dengan kelembutan cheese cake...akhirnya aku buat yang versi cheddar cheese cake nya aja..haha...
Liat2 stok di kulkas tersedia semua... lets go baking..
Resep CCC ini aku dapatkan di blognya mbak Ricke.. makasih mbak...hehe

Postingnya telat banget... udah lama aku buat CCC ini untuk dimakan pas buka puasa (penyakit males melanda untuk posting2)...^^''
Jadi bikinnya disela2 aku masak untuk buka...haha..rempyong deh...tapi karena dah diniatin jadi semangat untuk bakingnya..karena kalau bikinnya pagi kok malah males ya dan si kecil juga ga ada yang jagain...haha..
Kali ini aku bikinnya pakai loyang oval yang mini...karena dirumah ternyata ga punya loyang yang untuk steamnya...semua loyang yang aku punya ukurannya sama...jadi putar otak gimana caranya si CCC ini tetep sukses dibikin...ngebet soalnya..haha

Semuanya lancar dari awal bikin adonan sampai masuk ke pengovenan...terjadi insiden yang bikin kalang kabut...haha.. tiba-tiba setengahnya mengoven, listrik padam...hiks... aku bingung jadi langsung buka oven dan cek si CCC ini yang ternyata belum matang..pusing aku... begini sudah kalau pakai oven listrik... untung padamnya cuma 5 menit, jadi aku langsung tambahin suhu oven dan waktunya...
Ternyata setelah ditelusuri listrik bukan dipadamkan sama pusatnya, tapi sengaja dipadamkan oleh suamiku, yang mau benahin kabel lampu...haduuuhhh... bikin geger aja..haha.




Chedar Cheese Cake
By Just My Ordinary Kitchen

Bahan A :
130 ml susu cair
40 gr butter
125 gr keju chedar, parut halus

Bahan B (campur dan ayak) :
20 gr tepung terigu protein sedang
15 gr maizena

Bahan C :
3 butir kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon (aku skip)

Bahan D :
3 butir putih telur
80-100 gr gula pasir (sesuai selera)
1 sdt air jeruk lemon

Toping :
Selai atau glaze (aku pakai selai blueberry)

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, olesi alasnya dengan mentega, alasi dengan kertas roti, olesi lagi dengan mentega. Sisihkan. (Aku pakai loyang oval mini, untuk resep ini jadi 4 buah loyang oval mini)
2. Tim bahan A sampai keju larut (kalau masih ada gerindilnya sedikit tidak apa-apa)
3. Masukkan bahan B selagi bahan A masih hangat (jangan panas), aduk rata sampai lembut dan tidak bergerindil tepungnya. Pakai baloon whisker atau mixer dengan kexepatan rendah sebentar saja.
4. Masukkan bahan C, aduk rata. Sisihkan
5. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan air jeruk lemon dan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok terus sampai soft peak (tidak terlalu kaku dan kering, cukup sampai mengembang, creamy, dan mengkilap)
6. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke campuran keju. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke sisa putih telur. Aduk balik dan perlahan sampai merata.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 50 menit dengan suhu 150-160' C atau dengan api kecil hingga matang dan permukaannya keemasan.
8. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dulu dan bagian pinggir agak menjauh dari loyang. Kemudian dengan bantuan pisau tipis, seset bagian pinggirnya. Balikkan perlahan diatas serbet kering dan balikan kembali ke piring saji. Biarkan dingin.
9. Oles atau siram atasnya dengan selai atau glaze atau bisa juga diberi potongan buah-buahan.


Alhamdulilah hasilnya memuaskan walau ada insiden..haha.. dan ternyata memang rasanya uueenak sekali.ngeju banget dan lembut.. si kecil aja suka dengan si CCC ini..

Ayo yang mau coba juga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar