Sabtu, Oktober 05, 2013

Donat Klasik


Postingan yang tertunda lagi..hehe.. sudah lama aku gak buat donat sendiri...sebenarnya gak begitu suka donat sih..tapi gak tahu kenapa kok lihat postingan temen-temen di grup Facebook kok jadi kepingin makan.. mau beli di pasar gak selera untuk beli karena topingnya cuma pakai margarin dan meses aja.. Pengennya pakai topping aneka warna gitu..haha.. Mumpung ada kesempatan buat dan si kecil lagi diajak eyang nya pergi jadi deh bikin donat sendiri..hehe..
Resepnya aku pakai resep dari majalah Sedap Khusus Pemula edisi Rupa-rupa Donat (62/XII/2011) yang sudah aku punya sejak masih single dulu...haha.. Dari dulu kalau aku buat donat pasti pakai resep donat klasik ini.. Kalau untuk donat kentang nya aku belum pernah coba sih... mungkin lain waktu ya kalau ada moodnya..hehe..
Pengennya sih mau pakai topping warna-warni atau topping glasur gitu, biar kaya yang di jual-jual di toko gitu.. tapi kok setelah bikin adonan dan menggorengnya kok sudah gak sanggup buat topping yang macem-macem ya.. hahaha... akhirnya cuma di topping keju, coklat, dan gula halus saja.. Tapi tetep rasanya enak dan rotinya empuk..



Donat Klasik
By Sedap Pemula

Bahan:
400 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr tepung protein sedang (aku pakai 100 gr saja)
1 bungkus ragi instan
80 gr gula pasir
2 kuning telur
300 ml air
1 sdt garam
50 gr margarin

Topping:
Dark Cooking Chocolate, dilelehkan
Springkel warna-warni
Keju cheddar, diparut
Gula halus/ gula donat

Cara membuat:
1. Ayak tepung terigu. Tambahkan ragi, gula dan kuning telur. Uleni rata.
2. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan garam dan margarin. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gr. Bulatkan. Adonan siap dibentuk gelang.
4. Letakkan di loyang yang ditaburi tepung terigu. Diamkan 30 menit.
5. Goreng dalam minyak panas sedang sampai matang. Biarkan hingga kecoklatan. Anggkat dan dinginkan.
6. Beri topping pada donat sesuai selera. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar