Jumat, Oktober 25, 2013

Homemade Burger Bun With Homemade Meat Burger


 Lihat postingannya mbak Ricke yang bikin Homemade Burger jadi ngeces pengen makan.. lama juga gak makan Burger sejak pindah ke sini.. karena gak ada yang jual disini walau itu cuma burger bun nya aja.. Jadi sudah niat banget setelah ini harus buat Burger sendiri... haha
Bujukin si papi untuk nganter ke kota buat beli daging giling dan bahan yang lainnya.. Alhamdulillah si papi mau nganter.. Love you pii.. hehe..
Pengennya bikin Burger Bun nya yang empuk banget kaya yang dijual-jual gitu.. karena ini pertama kali bikin jadi agak coklat itu si Bun nya, kelamaan di oven nya.. haha.. Tapi teksturnya juga empuk kok.. yah masih kurang rapi sih dalam pengerjaannya... it's OK..
Juragan yang nganterin beli bahan pun terbengong-bengong waktu aku sajikan Burger ini.. malah si papi bilang kalau gak kegedean ini... cukup gak ya masuk ke mulut.. hahaha.. haduuuh suamiku memangnya mau dimakan satu lahap gitu ya.. -_-
Tapi akhirnya dapat pujian dari suami kalau enak...dan ternyata doyan juga ya..sekali makan langsung habis dua Burger.. haha..

Burger Bun
By Ricke Indriani


200 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
25 gr gula pasir
6 gr ragi instan
2 kuning telur
125-150 air es/ susu cair dingin (sesuaikan jumlah air dengan kondisi tepung)
1/2 sdt garam
30 gr butter/margarin

Olesan:
1 putih telur (dari sisa adonan), kocok lepas
1 sdm susu cair
aduk rata
wijen untuk taburan

Cara membuat:
1. Campur terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk rata.
2. Masukkan kuning telur dan air/susu cair bertahap sedikit demi sedikit sambil diuleni. Uleni hingga kalis.
3. Masukkan garam dan butter/margarin. Uleni kembali hingga tercampur rata. Pindahkan kealas kerja/meja bersih yang sudah ditaburi sedikit terigu. Uleni adonan hingga kalis elastis dan adonan sudah licin/mulus.
4. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah dan tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan adonan hingga mengembang 2x lipat (45-60 menit).
5. Kempiskan adonan, uleni kembali sebentar hingga licin kembali. Bagi menjadi 8 bagian yang sama beratnya.
6. Bulatkan masing-masing adonan, kemudian pipihkan. Tata di loyang yang sudah diolesi mentega. Diamkan kembali hingga mengembang (30-45 menit). Poles dengan bahan polesan, taburi wijen.
7. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 190-200' C selama 15 menit hingga matang kecoklatan permukaannya. Angkat dan dinginkan.


Untuk Daging burgernya, aku menggunakan resep sendiri sesuai dengan lidah..haha.. Dan dagingnya tidak langsung aku panggang tapi aku kukus dulu sebelum dipanggang, biar matangnya rata. Ini resepnya..


Meat Burger (Daging Burger)

250 gr daging giling
3 lembar roti tawar, rendam dalam air/susu cair
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt bubuk pala
1 sdm mentega

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan, kecuali mentega jadi satu. Aduk hingga semua tercampur rata.
2. Bagi adonan menjadi 8 bagian yang sama beratnya, kemudian pipihkan.
3. Bungkus setiap bulatan daging dengan alumunium foil, kemudian kukus selama 20 menit di kukusan yang telah dipanaskan. Angkat dan dinginkan.
4. Siapkan teflon atau alat pemanggang, olesi dengan mentega. Panggang daging yang telah dikukus sampai kecoklatan.



Pelengkap:
Saos tomat
Saos sambal
Mayonais
Timun
Bawang bombay
Tomat
Daun selada (aku gak pakai)

Penyajiannya
Ambil burger bun dan belah menjadi dua. Olesi tiap sisi roti nya dengan saos tomat, saos sambal, dan mayonais. Kemudian susun secara bergantian timun, tomat, bawang bombay, dan meat burgernya. Tutup kembali dengan burger bun. Sajikan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar