Jumat, Oktober 25, 2013

Sup Buntut Panggang


Pas kemarin Idul Adha kebetulan dapat jatah daging kurban lumayan banyak. Diantara sekian banyak daging ternyata ada beberapa jeroan sapi, dan si buntut sapi ini.. Waaah aku langsung kegirangan, gak disangka-sangka aja dapat buntut sapi...hahaha.. Sudah nahan air liur waktu melihat si buntut dan udah langsung kepikiran mau dimasak apa nih buntut. Maka daging dan jeroannya di simpan dulu sementara di freezer dan si buntut langsung dicuci dan diolah.
Sudah lama sekali aku pengen bikin sup buntut, gara-garanya terakhir diajak makan siang dengan mertua di restoran gitu. Mertua pesen sup buntut kok jadi ngiler lihatnya.. hahaha.. Akhirnya pesen juga sup buntut, yah karena belum begitu puas nikmati sup buntutnya kala itu. Aku punya tekat lain kali bikin sendiri aja di rumah biar puas menikmatinya.. Alhamdulillah datanglah kesempatan ini, mengolah buntut jadi sup buntut panggang.
Mengolah buntut ini hanya perlu kesabaran aja, kalo gak punya pressure cooker seperti aku ini yah harus ekstra sabar..bisa berjam-jam mengolah buntutnya agar bisa empuk. Tapi gak masalah yang penting hasilnya memuaskan. hihi.. Dan bahan-bahannya pun banyak, keliatan ribet tapi sebenernya tinggal cemplang-cemplung aja.


Sup Buntut Panggang
By Anne Vijaya

Bahan untuk sup:
1 kg Buntut potong (aku gak timbang, kemarin aku pakai 4 potong buntut sapi)
Bawang putih (takarannya sesuai selera)
1 buah biji pala, geprek
sepotong jahe, geprek
1 batang kayu manis
6 buah cengkeh
garam secukupnya
merica secukupnya
daun bawang
1/2 bawang bombay utuh
wortel
kentang

Cara membuat:
1. Rebus buntut sampai empuk, kalau punya pressure cooker 1 jam sudah empuk.
2. Masukkan semua bumbu (bawang putih, jahe, biji pala, kayu manis dan cengkeh).
3. Masukkan juga 1 batang daun bawang, 1/2 bawang bombay utuh, 1/2 kentang utuh, dan 1 buah wortel utuh (untuk membuat kaldu sayuran, kalau sudah  selesai masak tinggal dibuang). Lalu bumbui dengan garam, merica secukupnya.
4. Kalau buntut sudah empuk, angkat dan sisihkan. Selesaikan membuat sup. Masukkan potongan wortel dan kentang juga daun bawang yang dirajang halus.
5. Matikan api kompor jika wortel dan kentang sudah empuk.



Bahan untuk buntut panggang:
Mentega
Bawang putih, geprek
Kecap manis
Lada hitam bubuk
Garam
Merica

Cara membuatnya:
1. Panaskan oven dengan suhu 180' C. Buntut yang sudah direbus ditaruh dalam tray panggangan yang sudah dialasi dengan alumunium foil.
2. Lumuri buntut dengan bawang putih, mentega, kecap manis, garam, merica dan lada hitam.
3. Panggang selama 30 menit.
4. Keluarkan dari oven, buntut panggang siap disajikan dengan kuah sup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar