Rabu, November 13, 2013

Sate Usus ala Wedangan



Alhamdulillah, akhirnya bisa update blog lagi setelah sekian lama.. haha.. Karena laptop dipakai suami untuk kerja jadi gak bisa pakai deh buat update. Tapi hari ini karena laptop nya nganggur di rumah jadi kesempatan ini aku ambil buat update blog.. curi-curi kesempatan dan waktu.. hahaha..

Ceritanya ini lagi kangen dengan makanan yang biasa ditemuin di wedangan (kalau orang Solo bilang wedangan itu 'hek'). Sate usus adalah makanan favorit aku yang selalu aku makan di wedangan selain nasi kucing dan sate kikil.. wah semuanya itu favorit ku..hehe.. Harga yang murah meriah gak membuat rasa sate usus di wedangan pun jadi murah..tapi tetep matap untuk disantap.
Kebetulan di pasar deket rumah lagi ada yang jual usus, biasanya sih jarang-jarang ada.. Alhasil aku borong semua usus yang ada..gak ditimbang berapa kilo beratnya yang pasti banyak..hahaha..
Bumbunya aku pakai bumbu bacem yang biasanya untuk mengungkep si usus, dan untuk menghilangkan bau khas usus adalah cuci bersih usus, beri perasan jeruk nipis/lemon, diamkan sebentar, lalu cuci kembali. Rebus air hingga mendidih, masukkan si usus sebentar saja agar sedikit lunak dan bau pun hilang.


Setelah aku ungkep dengan bumbu bacem lalu aku tiriskan dan goreng sebentar agar terlihat kering, tapi jangan terlalu lama menggoreng karena nanti hasilnya malah usus menjadi keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar