Rabu, April 09, 2014

Homemade : Tape Ketan Hijau


Sebenarnya sudah lama ketemu resep tape ketan hijau dari mbak Fat ini. Pengen praktekin tapi kok masih malas-malasan..hehe.. Soalnya paling males namanya yang harus kukus nasi ketan..lamaaa..
Tapi beberapa hari yang lalu kok tiba-tiba pengen sekali makan tape ketan dan kebetulan pas belanja dapat ragi khusus buat bikin tape. Biasanya kalau lagi cari selalu gak ada ragi nya. Dan di daerahku ini kalau beli tape ketan itu bahannya dari ketan hitam, enak tapi beda dengan ketan putih menurutku. Kemarin pengennya harus makan tape ketan yang bukan dari ketan hitam, yo wes langsung belanja bahan-bahan di pasar.
Tapenya sengaja memang gak aku hungkusin dengan daun pisang karena malas cari daun pisang..haha.. jadi aku wadahin jadi satu di wadah tertutup saja.
Di petunjuknya suruh simpan selama 3 hari..tapi kok tape ku ini baru 2 hari sudah jadi tape..apa karena cuaca disini yang lagi panas, makanya proses fermentasinya cepat ya. Dan hasilnya pun memuaskan, manisnya pas dan banyak kandungan airnya.. aku paling senang kalo tape ketan yang ada kandungan airnya daripada yang kesat..
Pokoknya setelah itu langsung disantap dengan air es dan suamipun mengaku enak tapenya..haha..sapa dulu yang bikin.. (haduh.. ^-^)

Tape Ketan Hijau
By Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr beras ketan
1 lt air
2 sdm pasta pandan (aku pakai 100 ml air pandan)
400 ml air
3 bh ragi tape bulat
5 sdm gula pasir (aku 4 sdm gula pasir, manisnya sudah pas)

Cara membuat :
1. Cuci beras ketan sampai beraih, kemudian rendam dengan 1 lt air dan pasta pandan semalaman. Tiriskan. Kukus sampai panas kepul-kepul.
2. Sementara itu didihkan 400 ml air, dan siram-siramkan ke dalam ketan kukus yang masih panas, aduk rata. Kukus kembali selama 15 menit. Angkat dan dinginkan hingga betul-betul dingin. (Aku dinginkan di tampah dari bambu yang dialasi daun pisang, dan diangin-anginkan dengan kipas angin).
3. Haluskan ragi tape.
4. Susun ketan hijau dalam wadah, taburi tipis-tipis dengan ragi, lalu taburi dengan gula pasir. Timpa lagi dengan ketan hijau, lakukan berulang hingga habis. Tutup rapat wadah. Simpan selama 3 hari. (Wadah aku alasi dengan daun pisang sehingga ketan hijau terbungkus dengan daun pisang di dalam wadah).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar