Selasa, April 22, 2014

Garang Asem



Sebenarnya garang asem ini sudah termasuk postingan yang telat buangeet..Gimana gak telat, lha wong ini masaknya sudah 2 bulan yang lalu.. tapi karena yang punya blog lagi males posting-posting ya begini ni..hehe.. maaf ya mohon dimaklumi.. ^-^
Waktu itu kenapa bikin garang asem ini, karena pertama udah bosen kalau ayam diolah begitu-begitu aja, kedua karena cuaca yang panas bikin pengen makan yang seger-seger asem gitu.. Jadilah bikin garang asem ini..hehe.. Biasanya kalau lagi malas tapi pengen makan garang asem, bikinnya gak aku bungkus dengan daun pisang, jadi bikinnya semua dimasak jadi satu gitu.. tapi karena pengen sekali garang asem yang dibungkus dengan daun pisang, maka dengan penuh niatan dalam hati jadi semangat buat bikin garang asem bungkus.. Lha memang asli nya garang asem itu memang di bungkus daun pisang kok.. haha..
Niat bikin garang asem, pas dipasar lihat mama Papua jual belimbing wuluh atau belimbing sayur .. biasanya kalau yang jual mama Papua itu harus kudu wajib belinya satu tumpuk, harga gak boleh ditawar..jadi harga udah pas segitu.. satu tumpuk belimbing wuluh harganya Rp 10.000,00. Padahal butuhnya belimbing wuluhnya hanya beberapa buah saja..tapi mau bagaimana lagi..kalau cuma pakai tomat hijau kurang sedap menurut aku..hehe..




Ini ada tips dari aku saat membungkus dengan daun pisang, karena garang asem ini ada kuahnya dan kalau hanya membungkus dengan daun pisang saja pasti hasilnya bocor kemana-mana kuahnya, maka saat membungkus alasi daun pisang dengan plastik bening yang dilebarkan lali baru alasi lagi dengan daun pisang..jadi gak akan bocor deh kuahnya..
Dan dalam mengolahnya sebelum dibungkus dengan daun pisang garang asem ini aku masak setengah matang jadi satu biar bumbu-bumbunya lebih meresap ke dalam ayam.. memang sih kerja 2x tapi rasanya makin enak dan mudah untuk mengoreksi rasanya.




Garang Asem
By Dapur Lincak

Bahan :
1 ekor ayam, potong jadi 12 bagian
5 buah hati ampela ayam
5 lembar daun salam, bagi menjadi 2
5 buah belimbing wuluh, potong bulat
2 buah tomat hijau, potong
5 batang sereh, ambil putihnya, iris tipis serong
1 butir telur, kocok rata
Cabe rawit utuh (jumlahnya tergantung selera)
Lengkuas secukupnya, iris tipis
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
Garam secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah kemiri
1 ruas jahe
1 sdt ketumbar

Cara membuat :
1. Panaskan sedikit minyak di dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan irisan sereh, tumis. Kemudian masukkan ayam, aduk rata hingga berubah warna. Masukkan santan, garam dan kocokan telur. Aduk rata dan diamkan sebentar hingga ayam setengah matang. Matikan kompor.
2. Ambil daun pisang, letakkan potongan daun salam, lengkuas, belimbing wuluh, tomat hijau, dan cabe rawit. Kemudian tuang masakan ayam tadi, lalu bungkus tum. Lakukan hingga ayam habis.
3. Masukkan ke dalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu, kukus selama kurang lebih 30 menit hingga ayam matang. Angkat dan sajikan panas-panas.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar