Selasa, April 22, 2014

Aneka Roti (tanpa diuleni)


Nah ini dia akhirnya ikutan ketularan virus yang sekarang ini lagi bersliweran di dunia maya.. sebenarnya sudah termasuk ketinggalan dari yang lainnya sih..haha. Banyak sekali resep-resep adonan roti yang tanpa harus bersusah payah untuk menguleni hingga lenganrasanya hampir patah..hihi..dan tidak perlu membeli mixer yang heavy duty yang harganya mahal.. sekarang sudah bisa membuat aneka roti sekelas bakery terkenal tanpa harus susah-susah. Dengan adonan roti tanpa diuleni ini, kita bisa membuat roti dalam sekejap di dapur kita.. mau roti manis, roti asin, pokoknya semua roti bisa dibuat.. hehe..


 Roti isi coklat & keju

 Caterpillar Bread


Salah satu resep yang adonan tanpa diuleni yang digandrungi adalah resep dari mbak Nikmatul Rosidah (temen FB NCC).. banyak teman-teman yang sudah mencobanya dan hasilnya pun sukses dan enak.
Sebenarnya aku mencoba adonan roti ini untuk membuat pizza lagi..hehe.. gak bosen-bosen bikin pizza.. tapi ternyata masih banyak adonan sisanya.. jadi deh dari pada disimpan mending langsung dibuat aja aneka roti.. suami pun minta roti coklat dan keju..haha.. dan karena aku penasaran dengan caterpillar breadnya  mbak Ricke maka aku buat sesuai dengan step by step yang diberikan oleh mbak Ricke. Ternyata bikinnya gampang..dan tetep toppingnya untuk caterpillarnya adalah sisa topping pizza..haha..



Aneka Roti (tanpa diuleni)
By Nikmatul Rosidah

Bahan :
120 ml air hangat
120 ml susu segar (tawar) hangat
1 butir telur, suhu ruang
76 gr butter/margarin, lembutkan dengan garpu
100 gr gula pasir
1 sdt garam
480 gr tepung terigu protein sedang
2 1/2 sdt ragi
1/4 sdt gula pasir

Polesan :
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm susu

Cara membuat :
1. Campur ragi dengan air hangat dan1/4 sdt gula. Aduk hingga larut dan diamkan selama 10 menit hingga berbusa.
2. Dimangkuk, campur terigu, garam, gula, telur, butter, susu hangat dan campuran ragi. Aduk dengan tangan sampai terigu menjadi adonan lembut (jangan diuleni). Tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama 1 jam (tergantung suhu ruang).
3. Setelah adonan mengembang hingga 2x lipat. Kempiskan adonan dan istirahatkan lagi selama 2 menit.
4. Bagi adonan dan bentuk sesuai selera. Letakkan di loyang yang diolesi sedikit margarin, beri polesan.
 Panggang dalam oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 10 menit.


1 komentar:

  1. Resep sdh sy coba n sukses, makasih mb resepnya, izin copas

    BalasHapus