Jumat, Maret 14, 2014

Homemade Meat Ball (Bakso II)


Mencoba lagi untuk membuat bakso sendiri, karena saking sukanya dengan makanan satu ini. Kalau tiap hari beli bakso kan ya gak bagus (gak bagus dikantong..haha). Karena itu sengaja beli daging 1 kg untuk membuat bakso yang banyak sekalian, biar bisa buat stok kalau sewaktu-waktu pengen masak bakso. Kali ini aku pakai resepnya mbak Ricke Indriani. Dan bikinnya pun pakai food processor yang baru beli..hehe.. ceritanya sudah mupeng pengen uji coba FP baru, karena belum pernah pakai yang namanya FP..haha..
Saat coba dengan FP.. waaahhh.. asli takjub dengan kerjanya (yang punya ndesoo..haha).. baru beberapa menit saja langsung daging yang utuh-utuh itu jadi lembut dan menyatu dengan adonan jadi satu.. beda sekali pas kemarin bikin bakso pakai blender.. setengah mati nungguin halusnya..haha..
Jadi aku bikin 2x dengan food proccessor adonan baksonya, karena diaturannya memang untuk daging cuma bisa 500gr saja setiap penggilingan..


Bakso Sapi

Bahan :
500 gr daging sapi tanpa lemak
150 gr es batu, hancurkan (bisa pakai es super dingin)
50 ml putih telur
3 siung bawang putih, iris tipis, goreng
3-5 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam
1/2 sdt soda kue (bisa juga baking powder)
100 gr tepung sagu tani/tapioka

Air dalam panci untuk merebus bakso

Cara membuat :
1. Potong-potong daging agar lebih mudah dihaluskan.
Masukkan dalam blender daging atau food processor (FP) beri setengah bagian es batu. Giling hingga halus. Masukkan putih telur, bawang putih goreng, bawang putih halus garam dan sisa es batu. Giling lagi hingga benar-benar halus.
2. Masukkan tepung sagu dan soda kue, giling lagi hingga menjadi adonan pasta yang lembut dan mulus.
3. Didihkan air dalam panci untuk merebus. Setelah didih, matikan api (atau pakai api yang kecil agar air tidak bergejolak cukup panas saja).
4. Ambil segenggam adonan bakso kemudian kepalkan tangan dan tekan jemari hingga adonan menyembul keluar dari sela ibu jari dan telunjuk, celupkan sendok ke dalam air dingin (agar sendok tidak lengket ke adonan) kemudian angkat bulatan adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas dalam panci. Bisa juga dibulatkan dengan bantuan 2 buah sendok teh. Lakukan hingga adonan habis. Biarkan bakso sampai mengembang, kemudian nyalakan/ besarkan apinya dan masak kembali dengan air mendidih kecil selama 5 menit agar bakso matang sempurna.
5. Siapkan air dingin dalam wadah/baskom, angkat bakso yang sudah matang dari panci dan masukkan ke dalam air dingin. Biarkan hingga dingin. Tiriskan dan bakso siap dipakai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar