Sabtu, Desember 21, 2013

Lapis Surabaya Ekonomis


Akhirnya menemukan resep Lapis Surabaya yang irit telur.. secara Lapis Surabaya NCC telurnya seabrek banyaknya.. takutnya baru pertama kali mencoba malah gagal dan akhirnya nangis bombay.. haha.. Tapi dengan menemukan resep Lapsur Ekonomis ini jadi bisa merasakan kembali Lapsur setelah sekian lama tidak menikmatinya.. Resep ini aku dapat dari mbak Lynda Maitimu, teman di grup facebook yang mana sebenarnya postingannya bukan lapsur tapi Rainbow cake tapi bisa juga digunakan untuk membuat lapis surabaya.. Makasih ya mbak resepnya...
Lapis Surabaya ini menggunakan 15 telur untuk 3 loyang ukuran 22 x 22 cm.. Untuk lapisannya aku beri selai strowbery saja, karena rasanya yang sudah enak kalau diberi filling yang macam-macam malah terlalu berlebihan nanti.
Sebenarnya terjadi kesalahan saat memberikan fillingnya, harusnya pada lapisan atas kan kulit yang berwarna kecokelatannya itu tidak perlu dihilangkan, tapi karena aku kurang konsentrasi (ngelamun saat finishing) jadinya aku klentek deh...hahaha.. Tak mengapa karena tak mengurangi rasa dan penampilannya tetap oke.. (ngayemin diri sendiri).. ^o^... Dan yang penting saat my hubby mencoba, langsung dibilang enak dan minta besoknya untuk di bawa ke kantornya buat promosi..haha.. dan alhamdulillah besoknya lapsur yang dibawa hubby ku langsung ludes sekejap, yang dibawa pulang cuma toples untuk wadah lapsur..haha.
Malahan ada teman sekerja my hubby kalau diminta bawa lagi.. lho kok...
Tekstur dari Lapsur ini pun lembut tapi memang gak selembut yang banyak telurnya.. yah namanya juga ekonomis.. haha.. Bagi aku ini sudah mengobati rasa penasaran akan lapsur ekonomis ini..


Lapis Surabaya Ekonomis

Bahan A :
15 kuning telur
9 putih telur
3 sdt emulsifier
150 gr gula pasir

Bahan B :
150 gr tepung terigu protein sedang
60 gr susu bubuk
60 gr maizena

Bahan C :
450 gr margarin, lelehkan
Vanila essens
Pasta blacforest / cokelat

Cara membuat :
1. Siapkan 3 buah loyang ukuran 22 x 22 cm yang diolesi margarin dan atasnya di alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
2. Campur tepung terigu, susu bubuk dan maizena, ayak dan sisihkan.
3. Dalam wadah yang kering, masukkan telur, gula pasir, dan emulsifier. Kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga kental berjejak.
4. Masukkan campuran tepung dan susu sedikit demi sedikit, kocok dengan kecepatan rendah hingga rata.
5. Masukkan margarin leleh ke dalam adonan, aduk dengan spatula dengan teknik aduk balik hingga rata.
6. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata, 2 adonan untuk bagian kujing, dan 1 adonan untuk bagian cokelat. Beri vanila essens untuk adonan bagian kuning dan pasta cokelat untuk bagian cokelat. Campur hingga rata.
7. Panggang dalam oven dengan suhu 175'C selama 15 menit. Cek kematangan kue dengan cara tusukan dengan tusuk sate , bila tidak ada yang menempel di tusuk artinya adonan sudah matang.





8 komentar:

  1. Permisi mbak, mau nanya, itu bener ya 450 g margarin? Saya mau coba bikin, lagi banding2in resep, kok yang ini margarinnya banyak banget :) thanks ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas... untuk margarinnya sudah benar sesuai dengan resep diatas... karena tiap lapisan butuh 150 gr margarin mbak..itu juga yg membuat lapsurnya moist..

      Hapus
  2. Lapisan coklat cm pakai pasta bf mba?

    BalasHapus
  3. Lapisan coklat cm pakai pasta bf mba?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. mbak makasih ya resepnya, saya barusan bikin, enaaak banget, lembut, gurih, manisnya pas nggak eneg, saya bikin cuma 1/3 resep pake loyang 21x9... besok mau bikiin pake loyang yg lebih besar....

    BalasHapus
  7. Salam kenal Mbak...adonannya bs antri sampai tiga kali ya mbak?tq

    BalasHapus