Senin, Desember 16, 2013

Wedang Ronde


Sudah lama tidak menikmati kehangatan wedang ronde saat sore hari. Bila diminum rasanya melegakan dan menghangatkan badan ini. Dulu saat masih tinggal di Solo kerap sekali beli wedang ronde keliling yang lewat di depan rumah. Tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri seperti sekarang ini, tapi ada lebihnya jika kita membuat sendiri.. Wedang ronde ini bisa dinikmati sepuasnya berulang kali karena membuat banyak, dan sirup jahenya (wedangnya) ini bisa diminum begitu saja dengan tambahan air panas untuk menghangatkan badan, apalagi cuaca sedang musim hujan seperti sekarang ini.

 Sebenarnya aku membuat wedang ronde ini karena kondisi badan sedang tidak fit. Rasanya ingin minum sesuatu yang bisa membuat badan menjadi ringan dan segar. Akhirnya terpikirlah untuk membuat wedang ronde ini.. hehe.. Resepnya yang aku pakai ini adalah resep yang aku dapat dari penjual wedang ronde yang sering keliling di depan rumah. Saat itu, aku bertanya langsung tentang resepnya kepada si penjual dan langsung diberikan tanpa ada yang dirahasiakan..hahaha..
Kenapa aku langsung tanyakan kepada si penjual, karena setelah pindah ke Sorong, ada kalanya ingin sekali menikmati wedang ronde ini, tapi apa mau dikata di sini tidak ada yang menjualnya. Jadi kita harus membuatnya sendiri. Dan aku pernah mencari-cari resep wedang ronde di mbah google tapi beberapa kali aku coba beberapa resep hasilnya kurang memuaskan lidahku, rasanya bukan seperti yang dijual-jual keliling itu. Karena itu, saat aku mudik ke Solo kemarin, aku tongkrongi si penjual wedang ronde itu dan mulai mengintrogasi penjualnya..hahaha
Jadi yang mau mencoba membuat wedang ronde sendiri dirumah, ini resepnya...


Wedang Ronde

Bahan Sirup Jahe :
500 gr jahe, dibakar, digepuk
1 kg gula pasir
2 lt air
1 batang kayu manis
10 buah cengkeh
3 buah kapulaga
5 lembar daun jeruk
5 batang sereh
5 lembar daun pandan

Cara membuat :
Masak air hingga mendidih, masukkan semua bahan jadi satu, aduk rata. Diamkan hingga air berkurang setengahnya dan aroma rempah-rempahnya tercium. Sisihkan.

Bahan Bola-bola :
200 gr tepung ketan
125 ml air hangat (sesuaikan dengan tepungnya)
secubit garam
pewarna hijau dan merah

Isian :
30 gr kacang tanah tanpa kulit, di sangrai, di blender kasar
gula merah secukupnya, disisir

Cara membuatnya :
1. Campurkan tepung ketan dan garam, aduk rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit, campur hingga rata. Hentikan pemakaian air jika adonan tepung sudah bisa dipulun/dibentuk. Jika terlalu lembek tambahkan sedikit tepung.
2. Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama, berikan pewarna hijau dan merah pada setiap adonan. Campur hingga warna rata.
3. Bentuk bulat-bulat adonan, kemudian pipihkan dan berikan isian di tengahnya dan bulatkan kembali.
4. Didihkan air pada panci untuk merebus bola-bola tadi. Rebus dengan api kecil hingga bola-bola mengambang keatas. Angkat dan tiriskan


Tips : Agar bola-bola tidak kering teksturnya karena membuat jumlah banyak, maka rendam bola-bola yang sudah direbus dengan air matang biasa dalam wadah tertutup. Bila akan disajikan tinggal ditiriskan saja.

Pelengkap :
Kacang tanah kupas, direbus
Kolang kaling

Penyajiannya :
Siapkan mangkuk/gelas,masukkan bola-bola, kacang tanah rebus dan kolang kaling. Beri 1 sendok sayur atau sesuai selera sirup jahe dan tuang air panas. Siap disajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar