Sabtu, Desember 21, 2013

Homemade Ice Cream 2





Sudah lama sebenarnya aku membuat ice cream ini, fotonya terselip diantara yang lainnya dan ternyata belum aku posting di blog. Ice cream ini adalah hasil homemade aku yang kedua setelah sebelumnya pernah posting juga disini. Ini resep yang aku dapat dari teman FB group. Sebenarnya ada dua versi homemade ice cream ini yang beredar di group.. dua-duanya menggunakan telur dalam pembuatannya, tapi hanya saja yang resep ini telurnya di rebus dahulu.. karena itu aku memilih yang telurnya di rebus, agar aman dikonsumsi oleh si kecil juga.. Takutnya kalau memakai telur mentah, masih ada bakteri yang terkandung di dalam telur tersebut.
Untuk pembuatannya pun mudah, tidak perlu keluar masuk kocok berulang kali seperti pembuatan ice cream dengan telur yang ada.. karena pemakaian emulsifier di dalamnya jadi hasil ice cream nya pun lembut. Ini juga bisa dijadikan alternatif untuk dijual lho..karena bahan-bahannya pun ekonomis dan murah...tentu saja rasanya tetap enak.. haha
 

Homemade Ice Cream
By Nyla Noel

Bahan :
2 sdm tepung maizena
1 butir telur
300 ml air

1 kaleng Susu Kental Manis
1 sdm emulsifier
1 kaleng air masak (bekas SKM)
essen pasta rasa durian, strowberi, dan moka (rasa bisa sesuai selera)

Cara :
1. Campur maizena, telur dan air dalam panci. Aduk rata. Panaskan diatas api sedang sambil diaduk-aduk terus hingga mengental dan meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
2. Dalam wadah yang kering, campur SKM, emulsifier, dan air, kemudian kocok dengan mixer sampai lembut dan putih kaku.
3. Masukkan campuran maizena tadi sedikit demi sedikit sambil di kocok dengan mixer dengan kecepatan sedang sampai tercambur semuanya.
4. Bagi menjadi 3 bagian dan beri setiap bagian adonan dengan essen pasta durian, strowberi, dan moka, aduk hingga rata.
5. Tuang dalam cup-cup kecil atau wadah tertutup. Simpan di freezer. Bila sudah beku, sajikan.


3 komentar: