Jumat, Desember 20, 2013

Es Dawet Cendol


Ceritanya ini lagi ngidam es Dawet karena lihat tayangan di televisi yang sedang ada liputan es Dawet Ayu.. wih lihatnya langsung ngiler..hahaha.. Seringnya kalau bikin cendol itu waktu Ramadhan untuk buka puasa.. Lha ini pas cuaca mendung mau hujan dan udara lagi dingin malahan buat es Dawet.. tapi karena namanya sudah ngiler ya sudahlah bikin aja dan dinikmati.. Apalagi suami juga suka dengan minuman yang satu ini.. Jadi bisa dinikmati berdua deh.. hehe..
Sebenarnya bikin es dawet ini tanpa ada rencana, jadi sebelumnya gak belanja dulu, bahannya pun aku sesuaiin yang ada di dapurku.. Alhamdulillah ngubek-ngubek dapur masih ada sisa tepung hunkwe, lihat tanggal exparednya masih lama juga.. Sudah deh langsung bikin cendolnya, gak usah pakai lama tunggunya..
Resepnya pun sudah aku sesuaikan juga dengan bahan seadanya dan cetakan cendolnya pun aku membudidayakan alat dapur, jadi gak pakai alat khusus cetakan cendol..


Es Dawet Cendol
By dapur lincak

Bahan Cendol :
90 gr tepung hunkwe (kemasan kecil warna hijau)
50 gr tepung beras
600 ml air
secubit garam
pasta pandan (aku ganti 1 lbr daun pandan, karena tepung hunkwe nya sudah berwarna hijau)

Bahan Sirup :
100 ml air
200 gr gula merah
50 gr gula pasir
3 lembar daun pandan

Bahan Kuah Santan :
400 ml santan
1 sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat :
1. Adonan cendol : Campur tepung hunkwe, tepung beras, air dan pasta pandan. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup.
2. Saring dengan cetakan cendol di atas wadah yang sudah diisi dengan air dingin. Tekan-tekan adonan cendol hingga adonan habis.
3. Tiriskan cendol yang sudah jadi, jika ingin cendol disimpan sebaiknya direndam air dalam wadah tertutup.
4. Sirup : Masak semua bahan sirup hingga mendidih dan gula merah larut. Saring dan dinginkan.
5. Kuah santan : Masak semua bahan kuah santan hingga mendidih menggunakan api kecil. Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Angkat dan dinginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar