Jumat, Maret 14, 2014

Coto Makasar



Ini pertama kalinya aku membuat coto makasar. Biasanya selalu beli dan selalu saja tidak puas karena porsinya yang sedikit.. hahaha.. Pernah dulu diberi oleh tetangga coto makasar, tapi sayang rasanya tidak sesedap kalau beli di tempat khusus coto makasar.
Karena saking sukanya dengan masakan satu ini, pasti kalau pergi ke kota selalu disempatkan untuk mampir beli coto makasar. Tapi kok lama-lama pengen sekali buat sendiri dan yang pasti kalau membuat sendiri porsinya bisa banyak, suka-suka kita.. hahaha..
Akhirnya browsing-browsing di internet nemu resep yang diposting oleh Mbak Hesti's Kitchen, dan sekali lihat komposisinya dalam resep kok pas sekali.. Tapi aku cuma bikin setengah resep saja karena terlalu banyak apalagi yang makan hanya dua orang saja.. Lagi pula ini perdana aku masak coto makasar, takutnya malah nanti kalau kebanyakan mubazir.  ^-^
Untuk masak coto makasar ini butuh banyak waktu persiapannya..dengan banyak bumbu membuat masakan ini sedap rasanya.. dan alhamdulillah saat masak ini si kecil mau diajak kerjasama (bermain sendiri) dan tidak rewel kalau mama nya lagi masak..haha..
Hasilnya pun memuaskan sekali alias enak...haha.. dipuji sendiri nih... ^-^. Sayang tidak dimakan dengan buras atau ketupat.
Tips dari mbak Hesti untuk menghasilkan cita rasa yang enak..dan ini tidak boleh diskip adalah harus menggunakan jintan dan ketumbar segar, harus disangrai sendiri sampai wangi.



Coto Makasar

Bahan :
1 kg daging sengkel
250 gr hati sapi
300 gr kacang tanah kulit, goreng lalu blender bersama bumbu halus
1 sdm air asam
1 sdt gula merah
2 liter air tajin (cucian kedua/ketiga)
minyak untuk menumis bumbu

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe (optional)
5 batang serai, iris tipis
1 bonggol lengkuas muda, iris tipis
1/2 butir pala
1 sdm ketumbar bubuk sangrai
1/4 sdt jintan bubuk sangrai
1/2 sdt merica bubuk
Garam secukupnya

Pelengkap :
Jeruk nipis
Bawang goreng
Daun bawang
Daun seledri
Kecap manis
Sambal tauco

Cara membuat :
1. Masak daging dengan 2 liter air tajin. Masak sendir hatii sapi di panci yang terpisah. Masak hingga daging tidak berdarah lagi. Buang kotoran yang mengapung di permukaan.
2. Angkat daging dan hati sapi. Potong-potong dadu kecil. Sisihkan.
3. Tumis bumbu halus sambil diaduk-aduk terus agar dasarnya tidak gosong. Tumis hingga berubah warna menjadi gelap dan wangi.
4. Tuang bumbu ke dalam kuah daging. Masukkan potongan daging dan hati sapi tadi. Masukkan air asam dan gula merah. Masak hingga daging menjadi empuk. Bila air menyusut bisa ditambah sampai daging benar-benar empuk. (Aku sudah merebus daging sampai empuk dengan air tajin tadi, jadi daging dan hati sapi dipanaskan sebentar saat akan disajikan, sisanya bisa di simpan di kulkas)
5. Penyajian: tuang coto di dalam mangkuk, taburi dengan bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri. Beri perasan jeruk nipis dan kecap manis secukupnya. Lengkapi dengan sambal dan buras/ketupat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar