Jumat, Maret 14, 2014

Onion Ring




Sebenarnya aku harus mengurangi gorengan dulu beberapa minggu ini, kalau perlu malah menghindari yang namanya gorengan karena batuk yang menyerang ini juga belum sembuh juga padahal sudah ada satu minggu, sampai-sampai bikin suara jadi ilang dan serak.. Tapi kok yang namanya menghindari ataupun mengurangi gorengan kok tidak bisa dilakukan ya.. Malah kemarin bikin makanan yang berbau gorengan sampai dua kali dan dua jenis pula..
Ini namanya onion ring lho.. bukan calamary.. hahaha.. Sekilas penampakannya seperti calamary yah..tapi bukan nyatanya.. Berkat mbak Ida Danakusuma yang posting resep onion ring di facebook NCC..akhirnya bisa mengobati rasa kangen dengan camilan satu ini.. haha.. karena resep yang aku punya hilang saat pindahan ikut suami jadi selama pindahan belum pernah menikmati lagi camilan ini.. Karena disini juga tidak ada calamary, yang ada hanya jenis sontong yang kecil-kecil gitu dan suami gak suka kalau aku masakin sontong akhirnya selama disini tidak pernah beli..
Penampakan ini juga menipu suamiku.. dikiranya aku beli calamary..haha.. ternyata setelah dicicipi bukan calamary..haha.. Ini ekonomis buat yang pengen makan calamary, sebagai gantinya makan saja onion ring ini.. harganya pun lebih murah..haha. Saking doyannya sampai-sampai aku buatnya dua kali lho..karena yang pertama langsung ludes dimakan oleh suami, yang bikin belum sempat cicipi.. yang kedua di habiskan berdua.. makanya hanya sedikit yang kepotret..


Onion Ring
Resep : Ida Danakusuma

Bahan :
1-2 buah bawang bombay besar, iris melingkar
1 1/4 cup tepung serba guna terigu
1 sdt Baking powder
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 butir telur
1 cup susu cair
1 cup tepung roti/panir
Kaldu bubuk (selera)
Minyak goreng

Cara memasak :
1. Panaskan minyak goreng di wajan.
2. Dalam mangkuk, campur tepung terigu, garam, gula pasir, dan baking powder. Aduk rata.
3. Masukkan irisan bawang bombay ke dalam campuran tepung aduk-aduk sampai bawang bombay tertutup tepung. Angkat dan sisihkan.
4. Dalam wadah lain, kocok lepas telur aduk sampai tercampur.
5. Campurkan susu cair kedalam campuran tepung, aduk sampai rata. Celupkan irisan bawang bombay ke dalam adonan tepung lalu gulingkan ke kocokan telur dan tepung roti secara bergantian. Lakukan sampai habis.
6. Goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api kecil selama 2-3 menit atau sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
7. Sajikan dengan mayonaise atau saus cabe tomat.



2 komentar:

  1. Mbak.. kalau g pakai baking powder gpp mbak?

    BalasHapus
  2. Mbak.. kalau g pakai baking powder gpp mbak?

    BalasHapus