Jumat, Maret 14, 2014

Rolade Tahu dan Daun Singkong


Rolade ini aku buat karena lihat di kulkas masih ada sisa daun singkong yang kemarin untuk membuat gulai daun singkong. Dan ternyata ada juga sisa tahu.. maka pagi-pagi aku minta hubby untuk ambilkan daun pisang yang ada di kebun belakang..ceritanya lagi malas ke pasar untuk beli daun pisang, apalagi cuma butuh sedikit untuk membungkus si rolade ini..
Ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat rolade. Pertama pilih tahu yang kandungan airnya sedikit, kalau terpaksa pakai yang kandungan airnya banyak. Sebelum dihaluskan, peras dahulu dengan sehelai kain sampai air yang ada habis. Kalau terlalu banyak air dalam tahu nanti adonan rolade ini lembek dan tidak bisa digulung padat. Hasilnya saat dipotong akan hancur. Kedua, iris lembut daun singkong (tapi juga jangan terlalu lembut ya ^-^) agar memudahkan saat pemotongan nanti. Ketiga, saat meletakkan daun singkong diatas adonan tahu, daun singkong agak ditekan-tekan agar daun singkongnya melekat di adonan tahu dan yang terakhir saat penggulungan lakukan seperti menggulung sushi, dimana adonan agak ditekan dan dirapatkan agat menjadi satu.
Itu tips dari aku yang beberapa kali buat rolade ini masih kurang cantik, tapi dari kegagalan yang dahulu jadi deh bisa belajar buat rolade yang gulungannya cantik..hehe
Ini resepnya ya..semua tergantung selera saja sih untuk rasa..


Rolade Tahu dan Daun Singkong

Bahan :
6 buah tahu ukuran sedang
100 gr daun singkong, rebus sebentar dan iris
1 butir telur
Daun pisang

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Hancurkan tahu sampai lembut, peras air yang ada di tahu sampai kering. Sisihkan.
2. Haluskan bumbu, campurkan ke dalam tahu yang dihaluskan tadi. Aduk rata. Masukkan telur dan aduk sampai rata.
3. Ambil beberapa helai daun pisang (daun pisang di rangkap biar tidak bocor), letakkan tahu yang sudah dibumbuji diatas daun pisang, ratakan.
4. Taburkan daun singkong diatas adonan tahu tadi, tekan-tekan sebentar agar daun singkong merekat dengan tahu.
5. Gulung sambil dipadatkan sampai benar-benar padat, sematkan  lidi diujung daun pisang.
6. Kukus selama 30-45 menit (sebelumnya panaskan kukusan terlebih dahulu). Bila sudah matang, angkat dan dinginkan.


Untuk penyajiannya bisa langsung dimakan atau bisa juga digoreng dengan dilapisi adonan tepung. Untuk pemotongan roladenya harus benar-benar dalam keadaan dingin atau setelah dingin simpan dulu di kulkas baru nanti bila ingin di goreng tinggal dipotong dan dicelupkan ke adonan tepung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar