Senin, Februari 17, 2014

Pizza Roll Cheese



Ada cerita dibalik pembuatan pizza ini. Ceritanya begini..haduh.. Aku baru beli mixer baru ceritanya, standing mixer yang aku beli lewat online shop.. Sebenarnya mixer ini hadiah ulang tahun dari suami untukku bulan Januari kemarin. Awalnya aku pengen sekali beli mixer Kitchen Aid yang harganya selangit, gara-gara dollar melambung tinggi.. masih dalam tahap menabung sedikit demi sedikit.. haha..
Tapi tiba-tiba suami tanya masih cari-cari mixer tidak, jelas aku bilang kalau masih menabung dan sekarang malahan harganya naik minta ampun.. Akhirnya suami bilang beli yang murah saja, coba browsing mixer yang harganya terjangkau.. Nurut deh apa yang diperintahkan si bos.. Dari hasil browsing akhirnya jatuh pilihanku kepada standing mixernya Oxone OX-855..hehe.. Setelah melaporkan hasil browsing, suami bilang aku suruh pesan satu, dengan pura-pura bingung (sebenarnya hati sudah senang karena tahu mau dibelikan) akhirnya aku pesan satu..haha.. Lumayan kan tabungan jadi save.. Sempat kecewa juga sih karena pas pemesanan ternyata barangnya lagi kosong, akhirnya coba di beberapa online shop lainnya juga begitu.. Tapi akhirnya ketemu juga online shop yang ready barangnya..hehe..
Setelah menunggu seminggu, mixer nya pun datang.. wah jingkrak-jingkrak ditempat deh sambil cium suami, muach muach terimakasih ya sayang.. hehe..
Dan buat menjajal kemampuan si mixer ini, keesokannya aku langsung mencoba bikin roti dengan metode water roux dari blognya mbak Hesti. Biasanya paling males aku bikin roti karena tangan jadi pegal kalau sehabis nguleni.. maklum pakai manual.. Tapi setelah ada mixer oxone ini aku terbebas dari rasa pegel saat buat roti..haha..
Semua adonan sebenarnya tidak dibuat roti, cuma setengah dari adonan yang dibuat roti, sisanya di simpan di freezer. Tapi sayang rotinya keburu dihabiskan suami dan tamu sebelum di foto..Jadi hanya sisa adonan ini yang aku eksekusi menjadi pizza roll.. Kenapa pizza roll? karena masih ada stok keju mozarella yang siap-siap kadaluarsa tapi stok masih banyak dan karena bosen dengan penampilan pizza yang bulat-bulat... haha..


Pizza Roll
By Hesti Kitchen

Water roux :
50 gr tepung terigu protein tinggi
250 ml air

Bahan :
400 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
100 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk
1 butir telur + 1 kuning telur
10 gr ragi instan
200 gr water roux
175-200 ml air hangat
75 gr margarin
1 sdt garam

Toping :
Saus spagetti
Saus tomat
Sosis, bagi dua dan potong memanjang
Oregano bubuk
Keju mozarella, di parut
Kuning telur untuk olesan

Cara membuat :
1. Water roux: dalam panci, campur air dan terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan dan dinginkan.
2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Mixer hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Kalau terlalu kering bisa tambahkan air, tapi kalau terlalu lembek ditambahkan sedikit tepung.
3. Tutup dengan cling wrap atau lap basah dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan uleni sebentar dengan tangan. Lalu bagi dan timbang adonan sesuai dengan selera.
4. Untuk membuat pizza roll, ambil 100 gr adonan, bentuk bulat dan gilas tipis sampai membentuk persegi. Beri toping saus spagetti dan saus tomat, atur sosis sejajar memanjang, taburi dengan keju mozarella yang di parut. Gulung dan diamkan 10 menit. Olesi dengan kuning telur dan taburi oregano bubuk.
5. Panggang selama 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan dengan suhu 200'C.


3 komentar:

  1. halo salam kenal, mba mau tanya mixer oxone nya perfomance nya gmn? awet ga ya ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak, maaf baru balas.. selama ini saya gunakan untuk adonan roti dan mengkocok 15 telur cukup memuaskan mbak..hanya waktu bikin roti mesin mixer gak boleh smp panas, jadi tiap 10 menit membuat adonan harus dimatikan dulu..itu jg ada dalam buku petunjuk penggunaannya..

      Hapus
  2. Mbak, dengan mixer oxone untuk bisa jd elastis adonan 250gr brp lama ya?

    BalasHapus