Selasa, Agustus 19, 2014

Sup Matahari


Sup Matahari ini kalau di Solo disajikan pada acara-acara perkawinan. Sering sekali dijumpai saat acara resepsi dan acara formal lainnya. Tapi sekarang tidak perlu menunggu adanya acara formal pun sudah banyak yang menjualnya di Solo. Sup ini dinamakan sup matahari karena bentuknya yang unik dan cantik penuh warna, dan disajikan dengan cara penampilan merekah seperti bunga matahari.
Ada cerita dalam pembuatan sup matahari ini...hehe.. Setiap lebaran untuk hidangan yang tak bersantan di keluarga ku Solo selalu menyajikan sup ini. Sejak kebiasaan menghidangkan sup matahari ini sebagai hidangan maka karena rasa penasaranku maka kau coba-coba bikin sendiri dan ternyata berhasil..hehe..
dan kemarin saat lebaran ada saudara yang berkunjung ke rumah Solo dan disuguhi dengan sup ini, lalu saudaraku itu mengunggahnya ke akun facebook nya..Haduh karena kangen rumah Solo karena tidak bisa berlebaran di sana maka pengen deh makan sup matahari ini sebagai obat kangen..haha..
Dan kebetulan juga sudah lama tidak menikmati sup matahari ini.


Sup Matahari
By Dapur Lincak

Bahan Kulit :
4 butir telur
2 sdm tepung terigu
4 sdm air
Garam secubit

Bahan isian :
300 gr daging ayam giling
4 sdm tepung roti
1 butir telur
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sdm bawang putih goreng, dihaluskan
1 sdm bawang merah goreng, dihaluskan
Garam secukupnya

Pelengkap :
Wortel, diserut
Jagung manis, dipipil
Jamur kuping, iris tipis
Kacang polong (aku pakai buncis, diiris tipis)
Sosis, potong-potong

Bahan kuah sup :
Air kaldu dari tulang ayam
1/2 buah bawang bombay, diiris kasar
1 sdm bawang putih goreng
1 batang daun seledri
1 batang daun bawang
Garam secukupnya
1 sdm bawang merah goreng untuk taburan
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus kuah sup :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1/2 butir biji pala

Cara membuat :
1. Kulit : Campur semua bahan kulit jadi satu, aduk hingga menjadi adonan yang kental. Kalau ada tepung yang bergerindil, saring hingga halus. Panaskan wajan teflon dan buat dadaran tipis-tipis hingga adonan habis. Sisihkan.
2. Isian : Campur semua bahan isian menjadi satu dalam wadah. aduk hingga rata dan cicipi rasanya. Sisihkan.
3. Tata diatas piring kulit dadaran tadi. Beri sosis, lalu diatasnya tata secara bergantian melingkar wortel serut, jagung pipil, jamur kuping dan buncis. Lalu beri diatasnya isian daging ayam, ratakan hingga menutupi sayuran tadi. Bungkus dengan kulit dengan cara kulit dilipat-lipat hingga menutupi adonan. Lakukan hingga habis. Lalu kukus selama 30 menit. Angkat langsung saat adonan masih panas agar tidak lengket satu sama lain.
4. Kuah : Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum. Bila telah harum masukkan langsung ke dalam air kaldu, masak dengan api sedang. Masukkan garam, daun seledri dan daun bawang yang diikat.  Cek rasa. Masukkan bawang putih goreng. Masak hingga mendidih dan taburi dengan bawang merah goreng.
5. Penyajian : Siapkan piring/mangkuk, ambil 1 adonan sup matahari. Tata yang bagian lipatan ada di bawah dan yang atas bagian yang rata. Iris kulit dadaran dengan pisau, tidak sampai mengenai adonan hanya kulitnya saja. Iris belah menjadi 4. Lalu buka kulit sesuai dengan irisan tadi agar adonan didalamnya terlihat. Tuang kuah sup diatasnya. Sajikan.




1 komentar:

  1. Makasih ya atas infromasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali
    salam kenal dari Cara membuat manisan kolang kaling kering

    BalasHapus