Senin, November 10, 2014

Brownies Kukus Ketan Item



Ternyata sudah lama juga ya tidak menulis hasil eksperimen di dapur. Blogku jadinya nganggur dan tidak aku tengok buat di update yang terbaru, karena yang punya blog lagi malas tulis-tulis nih..hehe.. Maaf ya blogku baru bisa tengokin sekarang. Apalagi alhamdulillah akhir-akhir ini dapur ngepul terus karena ada aja yang pesan kue hasil masakanku. Jadi lebih fokus ngerjain orderan, cari uang yang banyak..haha.. dan juga jagoan kecilku Nino selalu ribut kalau mami nya udah pegang yang namanya gagjet..wah bisa rebut-rebutan sama jagoanku dan hasilnya kalah deh mami nya..haha
Brownies kukus ketan item ini aku buat untuk menambah varian brownies yang aku jual ke custom ku..seperti yang diketahui banyak orang resepnya aku dapat dari blognya mbak Ricke yang sudah terbukti enaknya..tapi bener lho brownies kukus ketan item ini enak banget..kerasa tekstur dari ketan itemnya yang bikin brownies ini jadi tambah legit pas dimakan..




Brownies Kukus Ketan Item (Bronketem)
By Ricke Indriani

Bahan :
6 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanila

2 sdm susu kental manis

250 gr tepung ketan hitam
20 gr coklat bubuk, diayak
--- campur jadi satu

100 gr dark cooking chocolate, cincang
200 gr minyak goreng atau mentega dilelehkan

Coklat mises secukupnya untuk filling

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan
2. Lelehkan DCC. Masukkan minyak goreng. aduk rata. dinginkan.
3. Kocok telur, gula pasir emulsifier dan garam dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak. Masukkan vanila, kocok rata. Masukkan susu kental manis. Kocok rata.
4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan coklat bubuk sedikit demi sedikit bertahap sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah sampai merata.
5. Masukkan campuran DCC dan minyak goreng/mentega cair. Aduk balik dengan spatula hingga rata dan homogen.
6. Bagi 2 adonan. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus 10 menit dengan api sedang.
7. Taburi coklat mesis.Tuang kembali 1/2 bagian sisa adonan. Kukus kembali 20-25 menit hingga matang.
8. Angkat dan langsug keluarkan dari loyang. biarkan dingin. Potong-potong dan sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar