Jumat, November 29, 2013

Homemade Meat Ball a.ka Bakso

Resep Homemade Bakso ala Mbak Mache ini sudah bertebaran dan bersliweran di akun facebook grup NCC. Banyak yang sudah mencobanya dan katanya enak makyus.. gak kalah dengan bakso-bakso yang dijual di supermaket ataupun abang-abang bakso.
Saat pertama kali diposting di grup sudah ngiler pengen coba resep ini. Tapi niat harus diurungkan karena proses pembuatannya menggunakan food processor yang mana di dapurku belum ada alat ini.. haha..
Karena kata empu yang punya resepnya itu proses pembuatannya itu harus menggiling daging sampai halus dengan food processor, itu kunci nya agar si bakso bisa mulus nanti hasilnya..
Tapi karena saking banyaknya NCCers yang lain sudah mengeksekusi resep ini dengan berbagai cara..akhirnya aku tekatkan bulat untuk bisa mengeksekusi resep bakso ini. Ada kata pepatah "Banyak jalan menuju Roma" banyak cara untuk membuat bakso.. haha


 Sebenarnya sudah sering aku memakai blender untuk menghaluskan daging, tapi tidak pernah mendapatkan hasil cincangan yang halus, karena takutnya kalau dipaksakan bisa-bisa blendernya minta pensiun.. Karena itu untuk mengakali agar blender nya tidak panas saat menghaluskan daging maka aku mesti memberi jeda waktu istirahat bila blender sudah terasa panas. Membuat homemade bakso ini memang penuh perjuangan, karena memakan waktu dan tenaga.. haha
Tapi akhirnya hasil yang didapatkan pun sepadan dengan kerja keras untuk membuatnya.. dan rasanya pun enak, halus hasilnya dan yang terpenting kenyal walaupun tidak memakai pengenyal yang mungkin sering digunakan abang bakso..
Aku bikin 1/2 resep saja karena stok daging yang ada dirumah cuma 500 gr saja, dan kalau terlalu banyak daging yang digiling denga blender, takutnya blendernya tidak mampu..
Untuk memblender daging ini, aku membutuhkan waktu 3 jam..haha..rempoong benar.. Daging yang baru keluar dari kulkas potong-potong kecil, bagi menjadi 6 bagian dan setiap bagian aku blender sebanyak 3 kali atau sampai halus. Untuk cara yang lainnya tetap sesuai dengan resep yang ada.


 Ini aku tulis ulang resepnya..

Homemade Meat Ball
by Mache Yufrita Noge

Bahan :
1 kg daging sapi cincang
1 1/2 sdm bawang putih halus
2 sdm bawang goreng, halusin
1 1/2 sdt garam (sesuai selera)
1/2 sdt gula pasir
100 gr tepung tapioca
1 sdm baking soda
2 butir telur utuh, kocok sebentar
Merica secukupnya

Cara membuat :
1. Bagi daging jadi 4 bagian, lalu giling masing-masing bagian di food processor hingga halus. Teruskan menggiling setiap perbagian hingga semua bagian habis tergiling halus.
2. Campur kesemua bahan lainnya, aduk rata. Lalu bagi 6 bagian. Giling lagi setiap bagiannya hingga tercampur.
3. Lalu masukkan dalam wadah. Tutup dan masukkan dalam kulkas kurang 8 jam (dibikin saat malam, besoknya pagi atau siang baru diolah).
4. Panaskan air yang banyak hingga mendidih lalu kecilkan api, hingga air tidak mendidih lagi tapi cukup panas.
5. Ambil segenggam adonan, remas hingga keluar dari antara jari telunjuk dan jempol. Ambil dengan sendok teh dan langsung dicemplungi ke air mendidih (apinya tetap kecil saja agar airnya tidak terlalu mendidih). Begitu baksonya sudah mengapung, tandanya udah mateng. Tiriskan.


Tips: Daging harus digiling benar-benar halus, jika tidak akan mempengaruhi mulus dan kenyal tidaknya bakso.
Utk memudahkan proses pembulatan pentolan bakso, sediakan 2 sendok. 1 sendok utk ngambil adonan bakso dan satu lagi sendok utk mentolin bakso. Celup sendok yg untuk mentolin bakso ke air utk merebus bakso lalu mulai mengangkat pentolan adonan bakso dari kedua jari dan langsung masukin ke air
rebusan yg sudah mendidih. Dengan demikian, adonan bakso tidak menempel di sendok.

Untuk kuahnya, rebus tulang Iga sapi/sumsum atau tetelan hingga empuk. Tumis bawang merah, masukin
bawang putih halus, merica dan pala bubuk, hingga harum, masukin bawang goreng yang udah dihaluskan ke bumbu tumis tadi lalu langsung masukin ke rebusan tulang/tetelan tadi, bubuhi garam dan gula.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas sharingnya bunda, anak saya lg seneng bgt mkn bakso. Khawatir klo sering beli bakso diluar krn penggunaan msg nya itu.
    Saya ijin share di fb saya ya bun

    BalasHapus