Rabu, Januari 08, 2014

Sus Kering Keju



Ini postingan pertama di tahun 2014.. semoga di tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan lebih rajin lagi untuk meng-update postingan. Hehe.. Harus lebih semangat untuk membuat karya di dapur buat keluarga tercinta.. ^^
Kali ini aku membuat camilan untuk si kecil yang akhir-akhir ini suka makan dan ngemil..mungkin masanya perkembangannya ya..haha.. Si kecil suka sekali camilan yang gurih-gurih dan karena juga cepat bosen sama camilannya yang itu-itu saja, akhirnya kemarin weekend aku membuat sus kering keju.. dan ternyata dia suka banget dengan sus kering ini...pas aku sodorin untuk dinikmati dengan nonton vcd kesukaannya hasilnya ludes dimakan si kecil sendiri..haha..
Sebenarnya aku pernah buat sus kering sebelumnya, tapi tekstur saat masih fresh the oven itu renyah garing tapi setelah beberapa saat di luar oven jadi lembek.. padahal aku sudah mengikuti semua step by step dari resep itu dan membaca seksama tipsnya.. Dan alhamdulillah setelah kedua kalinya mencoba dengan resep yang berbeda hasilnya sesuai dengan keinginan kali ini.. tetap renyah di luar, tapi masih perlu latihan lagi membuatnya karena hasil kurang cantik, agak kelamaan dalam memanggangnya.. ^^
 



Sus Kering Keju
Sourse Sajian Sedap

Bahan :
100 gr margarin
250 ml air
1/4 sdt garam
125 gr terigu protein sedang
75 gr keju cheddar parut, lalu dicincang
3 butir telur, kocok lepas
1 sdt baking powder

Cara membuatnya :
1. Panaskan oven dengan suhu 200' C
2. Rebus margarin, air, dan garam, aduk sampai mendidih. Matikan api. Masukkan terigu, aduk rata, lalu nyalakan kompor dengan api kecil saja. Aduk sampai kalis. Matikan kompor, angkat, dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur sambil diaduk terus, lalu masukkan keju parut dan baking powder. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.
4. Masukkan adonan ke piping bag, cetak dengan spuit diatas loyang yang diolesi dengan sedikit margarin.
5. Panggang selama 15 menit. Kemudian turunkan suhu hingga 130'C, lalu lanjutkan memanggang lagi selama 35 menit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar