Senin, November 10, 2014

Pao (Bakpao) Fancy




Sudah lama sebenarnya pengen buat Pao Fancy ini, secara bentuknya yang lucu-lucu dan imut-imut gitu. Dan akhirnya kemarin bisa eksekusi pao lucu ini dengan penuh usaha keras..haha.. Dalam proses pembuatan pao ini sungguh-sungguh butuh kesabaran dan ekstra ketelatenan dalam membentuknya. Kemarin cukup lama aku membuatnya karena tanganku masih kaku saat membentuknya dan juga kehilangan ide mau dibentuk apalagi si pao ini. Padahal sebelum membuatnya dipikiranku sudah banyak ide-ide yang muncul untuk membentuknya menjadi pao yang lucu-lucu, tapi setelah dihadapkan dengan adonan paonya kok semua ide itu hilang entah kemana.. jadi mentok-mentok bentuknya cuma kucing, panda, ladybug, bee saja..mau dibentuk yang lain sudah capek dan sudah gak sabar untuk menyicipinya, jadi sebagian adonan ada yang aku bentuk seperti bakpao biasanya gitu..hahaha.. sungguh salut untuk orang-orang yang mampu membuat pao fancy ini dalam jumlah yang banyak..dan acungkan jempol untuk kreativitasnya dalam membentuk pao jadi menarik dan lucu.



Aku kali ini pakai resepnya mbak Diana Cahya yang terkenal dalam membuat pao fancy ini. Dalam pembuatan adonannya ada bahan-bahan yang aku skip karena sulit menemukan bahan tersebut di daerahku ini dari bahan yang aku skip itu aku ganti dengan tepung terigunya dengan komposisi yang sama. Tapi hal itu tidak mempengaruhi hasil akhirnya kok..paonya tetep enak dan empuk.
Untuk isian pao nya, aku isi dengan kacang hijau dan coklat.




Pao
By Diana Cahya

Bahan :


600 gr Tepung terigu protein rendah
250 gr Tepung Hongkong (supaya kelihatan lebih cerah/putih) -- aku skip
200 gr Tepung Tangmien (supaya kelihatan kilap) -- aku skip
500 ml air matang
1sct fermipan
100 gr mentega putih
200 gr gula halus
1 sdt garam

Cara membuat :
Campur semua bahan, kecuali mentega putih dan garam. Uleni hingga setengah kalis, lalu masukkan mentega putih dan garam, uleni lagi hingga kalis. Bulatkan adonan. Diamkan adonan selama 30 menit atau sampai mengembang 2x lipat (tergantung suhu ruang masing-masing).
Lalu kempeskan adonan, bagi-bagi sesuai selera, beri isian, hias sesuai selera, kukus selama 10 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar